Korem 143/HO Luruskan Rumor Penutupan Jetty di Konawe Utara

SULTRA PERDETIK, – Korem 143/Haluoleo (HO) menegaskan kembali bahwa personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) tidak menginisiasi penutupan atau penghentian aktivitas di sejumlah Jetty (pelabuhan tongkang) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Penerangan Korem (Penrem) 143/HO, Letda Inf Rusmin Ismail, di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa prajurit TNI AD yang diterjunkan ke lokasi penambangan di Blok Marombo, Kabupaten Konut, hanya untuk menyelidiki oknum-oknum yang terlibat dalam kegiatan penambangan yang mengaku memiliki hubungan dengan Komandan Korem (Danrem) 143/HO di daerah itu.

Dia menegaskan bahwa tidak ada penutupan atau gangguan aktivitas di sembilan Jetty yang baru-baru ini menjadi bahan pembicaraan di masyarakat, karena aktivitas pelayaran di Jetty tersebut tetap berjalan seperti biasa.

Bacaan Lainnya

“TNI akan terus mengawasi kegiatan pertambangan di Konawe Utara untuk memastikan bahwa semua kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak melibatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Rusmin.

Kepala Penrem 143/HO mengimbau semua pihak yang terlibat dalam industri pertambangan di Bumi Oheo untuk bekerja sama dengan aparat TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta memastikan kegiatan pertambangan terkendali.

Senada dengan itu, Kepala Seksi Teritorial Korem 143/HO, Letkol Inf Tambo Hale Wulaa, juga meluruskan isu yang beredar terkait penutupan Jetty oleh prajurit TNI di Blok Marombo, Kabupaten Konut.

“Jetty tetap dibuka, dan kami tidak pernah menutupnya. Saat ini TNI tidak menutup Jetty, jadi masyarakat bisa tetap beraktivitas,” kata Tambo.

Ia juga meminta maaf kepada para demonstran yang tidak dapat bertemu dengan Danrem 143/HO karena sedang tidak berada di lokasi.

“Untuk pertemuan nanti akan difasilitasi saat Danrem kembali. Pertemuan hari ini ditunda karena Danrem sedang tidak berada di tempat,” katanya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *