BAKAR SULTRA Mengeluarkan Seruan Aksi Lawan Korupsi di Kendari

SULTRA PERDETIK, – Sebuah pamflet yang beredar di media WhatsApp pada Minggu, 28 Mei 2023, mengungkapkan Koalisi Rakyat Sulawesi Tenggara (BAKAR SULTRA) telah mengeluarkan seruan untuk bertindak terkait dugaan korupsi yang melibatkan kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari.

Dalam keterangannya, BAKAR SULTRA meminta pihak berwajib segera mengusut kasus tersebut dan mengambil tindakan tegas.

Seruan untuk bertindak, dirilis oleh Jenderal Lapangan BAKAR SULTRA, Alzin Parigi Saheano Warambe, menyoroti beberapa tuntutan utama. Pertama, BAKAR SULTRA mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra untuk segera memanggil dan memeriksa Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari terkait dugaan korupsi sepuluh proyek konstruksi.

Bacaan Lainnya

Perkiraan kerugian finansial akibat korupsi diyakini sekitar Rp 1.752.431.854,8 pada tahun 2021.

Lebih lanjut, BAKAR SULTRA mengimbau Divisi Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sultra untuk melakukan penyelidikan terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari terkait dugaan korupsi di sepuluh proyek tersebut.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan mengungkap kebenaran di balik dugaan korupsi tersebut.

Selain itu, BAKAR SULTRA mendesak Walikota Kendari untuk segera memberhentikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari. Tuntutan ini terkait dugaan temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang belum dikembalikan ke kas daerah.

BAKAR SULTRA memandang bahwa tindakan ini penting sebagai bentuk pertanggungjawaban dan upaya pemberantasan korupsi di lingkungan pemerintah daerah.

Terakhir, BAKAR SULTRA mengimbau Ombudsman segera memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam sepuluh proyek dugaan korupsi tersebut. Tuntutan ini berdasarkan temuan BPK RI tahun anggaran 2021.

Rencana aksi yang diselenggarakan oleh BAKAR SULTRA ini dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 31 Mei 2023. Diperkirakan jumlah peserta aksi ini berkisar antara 30 hingga 100 orang.

Rute unjuk rasa akan dimulai di Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari dan berlanjut ke Ombudsman, Kejaksaan Sultra, dan Polda Sultra. Aksi dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WITA. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *