Gubernur Ali Mazi Harapkan Praktik Pertambangan PT Vale diterapkan di Sulawesi Tenggara

SULTRA PERDETIK, – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, mengunjungi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) di Sorowako, Luwu Timur, dan mengungkapkan kekagumannya terhadap praktik pertambangan yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Selama dua hari, dari Kamis (25/5/2023) hingga Jumat (26/5/2023).

Ali Mazi memuji serangkaian program dan briefing terkait aspek keamanan dan keselamatan kerja yang dilaksanakan oleh PT Vale.

Ali Mazi mengaku sangat terkesan dengan infrastruktur yang tertata rapi dan indah di lokasi tersebut. Selain itu, dia juga mengapresiasi upaya PT Vale dalam menjaga lingkungan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Ali Mazi berpendapat bahwa perusahaan-perusahaan pertambangan lainnya juga memiliki potensi untuk menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan seperti yang dilakukan oleh PT Vale.

Dia bahkan menegaskan bahwa seluruh perusahaan tambang seharusnya mencontoh apa yang telah dilakukan oleh PT Vale, karena menurutnya, jika hal tersebut terjadi, Indonesia akan menjadi negara yang sangat kaya.

Gubernur Ali Mazi berharap agar PT Vale dapat membawa praktik serupa ke daerahnya, Sulawesi Tenggara, melalui proyek pengembangan yang baru saja diresmikan pada November 2022.

Dia berharap dapat melakukan sosialisasi mengenai praktik pertambangan berkelanjutan untuk tambang-tambang di wilayah tersebut. Ali Mazi berharap agar manajemen pertambangan di Sorowako dapat diterapkan juga di Sulawesi Tenggara.

CEO PT Vale, Febriany Eddy, menganggap kunjungan gubernur sebagai penghargaan bagi perusahaan. Dia menyatakan bahwa ini adalah kehormatan dan apresiasi luar biasa dari banyak pihak yang telah melihat langsung praktik pertambangan berkelanjutan PT Vale.

Febriany Eddy menyambut baik keinginan pihak lain untuk melihat langsung praktik tersebut, dan berharap kunjungan-kunjungan semacam itu dapat memberikan masukan berharga bagi PT Vale.

Selama kunjungan di PT Vale, Ali Mazi mengunjungi Taman Kehati Sawerigading Wallacea untuk melihat fasilitas persemaian dan sarana yang dibangun oleh perusahaan guna menjaga keanekaragaman hayati. Ali Mazi dan rombongan juga berkesempatan menanam pohon di tempat tersebut.

Selanjutnya, Ali Mazi dan rombongan menuju Control Room PT Vale untuk mengamati instrumen yang digunakan untuk mengawasi jalannya praktik pertambangan. Kemudian, mereka mengunjungi Bukit Solia untuk melihat proses penambangan bijih nikel sekaligus mengamati lahan reklamasi dan rehabilitasi pasca tambang PT Vale. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *