HARI LAHIR PANCASILA, Kapolres Konawe Utara Mendorong Kerukunan Bangsa dalam Menghadapi Pemilu 2024

SULTRA PERDETIK, – Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Konawe Utara, AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K., menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam acara yang diadakan di lapangan Apel Mapolres Konawe Utara pada pagi hari, Kamis (01/6/2023) .

Upacara yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek Jajaran, serta personil Polres Konawe Utara dan Siswa Latja Diktuk BA Polri Gel. I TA. 2023 SPN Polda Sultra ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat.

Dalam amanat yang dibacakannya, Kapolres Konawe Utara menegaskan bahwa Pancasila merupakan nilai dasar negara, ideologi pemersatu bangsa, dan sumber segala hukum negara. Ia mengungkapkan bahwa Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam menyatukan berbagai keragaman budaya, suku bangsa, agama, dan lainnya, guna mewujudkan cita-cita luhur yang diwariskan oleh para pendiri bangsa.

Bacaan Lainnya

“Pancasila telah membuktikan dirinya sebagai pondasi kokoh dalam mempersatukan kita sebagai bangsa Indonesia. Melalui Pancasila, kita dapat menghormati perbedaan dan saling menghargai satu sama lain. Ini adalah dasar penting dalam membangun masyarakat yang harmonis dan adil,” kata Kapolres Konawe Utara.

Kapolres juga mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan bangsa menjelang tahun Politik Pemilu 2024. Dalam menghadapi proses demokrasi tersebut, beliau menekankan perlunya kerjasama dari semua komponen bangsa. Kapolres Priyo Utomo menekankan agar Pemilu berjalan secara jujur, aman, dan damai, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Dalam menghadapi tahun Politik Pemilu 2024, kita harus memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik dan damai. Mari kita jaga kerukunan bangsa dan membangun Pemilu yang jujur serta bebas dari konflik. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara,” tambah Kapolres Konawe Utara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diakhiri dengan semangat yang tinggi, di mana seluruh peserta upacara berkomitmen untuk terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa akan terus terjaga dan menjadi kekuatan utama dalam menjaga kestabilan dan kemajuan negara.

Pancasila sebagai ideologi negara terus menjadi pijakan dalam membangun dan memperkuat persatuan Indonesia di tengah keberagaman yang ada. Kehadiran Kapolres Konawe Utara sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini merupakan upaya nyata dalam menggalang kesadaran dan menjaga semangat Pancasila sebagai pegangan utama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *