Dikmudora Kota Kendari Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah untuk Mendukung Kurikulum Merdeka

SULTRA PERDETIK, – Dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah. Acara ini berlangsung di Hotel Claro Kendari dan dihadiri oleh 126 Kepala Sekolah tingkat TK, SD, dan SMP dari Kota Kendari. Pembukaan acara ini dilakukan oleh Pelaksana Jabatan (Pj.) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, AP., M.Si.

Bimtek ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kompetensi kepada kepala sekolah dalam menjalankan platform Merdeka Mengajar. Dalam arahannya, Pj. Wali Kota Kendari menekankan pentingnya peserta Bimtek mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Ia berharap pengetahuan yang diberikan dapat diimplementasikan secara efektif ketika peserta kembali ke sekolah masing-masing.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Dikmudora Kota Kendari dengan harapan dapat memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan terkait proses pembelajaran guru dan manajemen pengelolaan satuan pendidikan. Fokus utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam tiga bidang, yaitu kompetensi manajerial, supervisi, dan kewirausahaan.

Bacaan Lainnya

Kompetensi manajerial menjadi aspek penting dalam peran seorang kepala sekolah. Seorang kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang baik akan mampu mengelola sumber daya manusia, anggaran, dan sarana prasarana sekolah dengan efektif dan efisien. Selain itu, kepala sekolah juga harus memiliki kemampuan dalam merencanakan program dan kegiatan sekolah, mengelola data dan informasi, serta berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait.

Supervisi adalah kompetensi yang berkaitan dengan pengawasan dan pembinaan guru-guru di bawah kepemimpinan seorang kepala sekolah. Melalui kompetensi supervisi yang baik, kepala sekolah dapat mendorong pengembangan profesionalisme guru dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa.

Selain itu, kepala sekolah juga harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Dalam era Kurikulum Merdeka, kepala sekolah diharapkan menjadi inovator dan penggerak perubahan di sekolahnya. Kemampuan untuk mengidentifikasi peluang, mengembangkan program-program kreatif, dan menjalin kemitraan dengan pihak eksternal adalah beberapa aspek penting yang harus dimiliki oleh kepala sekolah yang kompeten.

Pj. Wali Kota Kendari mengapresiasi Dikmudora Kota Kendari atas inisiatif mereka dalam menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah. Ia berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala untuk mendukung pengembangan profesionalitas kepala sekolah dan peningkatan mutu pendidikan di Kota Kendari.

Dengan semangat yang tinggi, para kepala sekolah meninggalkan Bimtek ini dengan bekal pengetahuan dan keterampilan baru yang akan mereka terapkan dalam pengelolaan sekolah dan pembinaan guru di masa mendatang. Harapannya, melalui upaya bersama ini, implementasi Kurikulum Merdeka dapat berjalan dengan baik, dan kualitas pendidikan di Kota Kendari terus meningkat. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *