Launching Program Ketahanan Pangan Siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara

SULTRA PERDETIK,  – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, memberikan sambutan yang mengapresiasi dilaksanakannya Launching Program Ketahanan Pangan Siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara Tahun 2023. Acara ini dirangkaian dengan Penanaman Serentak Tanaman Holtikultura (Cabe, Tomat, dan Bawang) oleh Gubernur Sulawesi Tenggara bersama siswa-siswi SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara di Konawe pada tanggal 6 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Ali Mazi menyambut baik kegiatan ini karena diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan lahan di lingkungan sekolah serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam bidang ketahanan pangan. Gubernur Ali Mazi berharap melalui kegiatan ini dapat merumuskan langkah-langkah kebijakan di bidang pangan untuk menghasilkan Program Ketahanan Pangan yang terpadu, terukur, dan terarah guna menekan laju inflasi di Sulawesi Tenggara.

Penyumbang utama inflasi di daerah tersebut adalah komoditas cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah, yang juga memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat serta memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Sulawesi Tenggara.

Bacaan Lainnya

Dalam acara ini, Gubernur Ali Mazi mengapresiasi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Yusmin, S.Pd., M.Hum, yang telah menggagas kegiatan tersebut. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah, guru, staf, dan siswa-siswi yang telah mendukung dan terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Gubernur menganggap kegiatan ini sebagai momen yang tepat untuk menguatkan sektor pertanian dan memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara untuk terlibat langsung dalam pembangunan daerah.

Gubernur Ali Mazi juga menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem dan lingkungan alam dalam pengembangan sektor pertanian. Kesadaran akan praktek pertanian yang ramah lingkungan, seperti penggunaan pupuk organik, pengendalian hama yang berkelanjutan, dan pengelolaan air yang bijak, perlu ditingkatkan guna menjaga keseimbangan ekosistem dan lingkungan alam Sulawesi Tenggara bagi generasi mendatang.

Beliau juga mengajak semua pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, sektor swasta, dan masyarakat, untuk bekerjasama secara sinergis dalam mengembangkan sektor pertanian. Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan kebijakan dan program yang mendukung petani, menciptakan akses pasar yang baik, dan meningkatkan nilai tambah produk pertanian.

Gubernur Ali Mazi juga mengajak siswa-siswi SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara untuk melihat pertanian sebagai salah satu pilihan karier yang menjanjikan. Dalam sektor pertanian, terdapat peluang besar untuk berinovasi, berwirausaha, dan mengembangkan teknologi yang berkelanjutan. Beliau percaya bahwa dengan pengetahuan, keterampilan, dan semangat yang dimiliki, siswa-siswi dapat menjadi agen perubahan yang membawa Sulawesi Tenggara menuju masa depan yang lebih baik.

Momen penanaman serentak ini diharapkan menjadi awal dari perjalanan panjang dalam membangun Sulawesi Tenggara yang aman dan mandiri dalam ketersediaan pangan berkelanjutan. Diharapkan bahwa setiap tanaman yang ditanam akan menjadi simbol harapan, keberhasilan, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara, Dan Lanal Kendari, Dan Lanud Halu Oleo, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, para Bupati/Walikota se-Sulawesi Tenggara, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Konawe, Perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI), Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara beserta jajaran, Pimpinan Bank Sultra, dan Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *