Kasus Pungutan Liar Mengguncang KPK, Jumlah Uang Terlibat Mencapai Rp 4 Miliar

Skandal Pungutan Liar Rp 4 Miliar Guncang Rutan KPK, Dewan Pengawas Serius Usut Kasus Ini
Skandal Pungutan Liar Rp 4 Miliar Guncang Rutan KPK, Dewan Pengawas Serius Usut Kasus Ini

SULTRA PERDETIK, –¬†Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mengungkapkan temuan dugaan praktik pungutan liar (pungli) yang mencengangkan di rumah tahanan KPK. Dalam sebuah konferensi pers yang digelar di gedung ACLC KPK pada Senin (19/6/2023), Anggota Dewas KPK, Albertina Ho, mengungkapkan bahwa jumlah uang yang terlibat mencapai angka fantastis, yakni Rp 4 miliar.

Temuan ini merupakan hasil investigasi internal yang dilakukan oleh Dewas KPK, menunjukkan komitmen mereka dalam memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Albertina Ho menegaskan bahwa Dewas KPK serius dalam menertibkan KPK dan siap mengusut pelaku praktik korupsi, tidak peduli siapa yang terlibat.

Dalam periode Desember 2021 hingga Maret 2022, dugaan pungli di rumah tahanan KPK mencapai angka tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Albertina Ho. Meskipun jumlah ini masih sifatnya sementara, Albertina Ho tidak menutup kemungkinan adanya penambahan jumlah tersebut seiring berjalannya penyelidikan lebih lanjut.

Bacaan Lainnya

Dewan Pengawas KPK juga akan menyelidiki aspek-etik terkait kasus ini, sementara tindak pidana pungli di rumah tahanan KPK akan diserahkan kepada aparat penegak hukum. Albertina Ho menyampaikan bahwa masalah kode etik telah diklarifikasi, dan nantinya akan ada sidang etik untuk menentukan sanksi terhadap pelaku yang terlibat.

Dengan temuan ini, Dewan Pengawas KPK menegaskan kembali komitmennya dalam menjalankan tugas pengawasan terhadap KPK dan memastikan integritas lembaga tersebut tetap terjaga. Dewas KPK juga mengimbau masyarakat untuk memberikan dukungan dan melaporkan praktik-praktik korupsi yang merugikan negara.

Kasus ini menjadi sorotan publik yang menunjukkan bahwa upaya memberantas korupsi tidak boleh kendur. Dewas KPK berharap bahwa langkah-langkah yang diambil dalam mengungkap praktik pungli ini dapat memberikan efek jera dan memberikan peringatan kepada siapa pun yang berniat melakukan korupsi di KPK bahwa tindakan tersebut tidak akan dibiarkan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *