Polresta Kendari dan Satuan Keamanan Lingkungan, Sinergi Polri dan Masyarakat untuk Keamanan

SULTRA PERDETIK, – Di tengah tuntutan akan keamanan yang semakin meningkat, Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) telah menjadi kekuatan yang tak terpisahkan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekitar.

Satkamling hadir sebagai bentuk kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Satkamling semakin diperkuat dan dijadikan prioritas oleh Polri. Pada Rabu, 21 Juni 2023, Kapolresta Kendari, Kombespol M. Eka Fathurrahman, SH., SIK, memimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (KASAT SISKAMLING) Tahun 2023 di Mapolresta Kendari.

Bacaan Lainnya

Apel tersebut merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling.

Pada kesempatan tersebut, Kapolresta Kendari menekankan pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjawab dinamika tantangan keamanan di masa depan. Polri terus berupaya mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa, dengan tujuan memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Satkamling melibatkan berbagai elemen masyarakat, seperti Bhabinkamtibmas, Linmas, Polsus Pas, dan Polhut, serta perwakilan dari pemerintah setempat. Kolaborasi antara kepolisian, pemerintah, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam menjaga keamanan lingkungan.

Selain tugas pengamanan, Satkamling juga berperan dalam membangun keharmonisan di antara warga. Dengan keterlibatan aktif masyarakat, Satkamling membantu mengatasi konflik, mengedukasi tentang keamanan, dan membangun rasa saling percaya antara warga dan kepolisian.

Dalam pesannya, Kapolresta Kendari mengapresiasi dedikasi dan kerja keras anggota Satkamling serta stakeholder terkait lainnya.

Eka juga mengingatkan anggota Satkamling untuk selalu menjunjung tinggi nilai, norma, dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas, guna menjaga profesionalisme dan kredibilitas.

Satkamling tidak hanya berperan dalam menjaga keamanan fisik, tetapi juga membangun ikatan sosial yang kuat di tengah masyarakat.

Keberadaannya memberikan rasa aman dan perlindungan bagi warga, sehingga mereka dapat hidup dengan tenang dan berkembang dalam lingkungan yang positif.

Diharapkan, dengan semakin diperkuatnya Satuan Keamanan Lingkungan, Kota Kendari dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menciptakan keamanan, ketertiban, dan keharmonisan di tengah masyarakat.

Kolaborasi yang erat antara Polri, pemerintah, dan masyarakat menjadi pondasi yang kokoh dalam mencapai tujuan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *