Penambangan Ilegal di Konawe Selatan Terbantahkan, Polres Konsel Sidak Lapangan

SULTRA PERDETIK, – Di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), muncul isu yang mengkhawatirkan tentang adanya kegiatan penambangan ilegal.

Isu ini telah menarik perhatian publik, terutama karena beberapa perusahaan pertambangan diduga terlibat dalam praktik ilegal ini.

Untuk mengatasi permasalahan yang beredar luas di media, personil Satuan Reskrim Polres Konsel telah melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) guna mengumpulkan data dan mengambil tindakan yang sesuai.

Bacaan Lainnya

Sidak dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2023, sekitar pukul 13.00 WITA, dengan lokasi pertama di Kecamatan Palangga Selatan, Kabupaten Konsel.

Kasat Reskrim Polres Konsel, AKP Henryanto Tandirerung, menjelaskan bahwa sidak ini dilakukan untuk memastikan keadaan di lapangan dan mengatasi pemberitaan yang santer beredar di wilayah hukum Polres Konsel.

Dalam pelaksanaan sidak, Satreskrim Polres Konsel menggunakan drone untuk memantau dari udara.

Hal ini dilakukan untuk memastikan keberadaan aktifitas penambangan ilegal baik pada lahan koridor maupun di perusahaan-perusahaan yang izin usahanya telah berakhir atau mati.

Metode pemantauan dari udara ini memungkinkan petugas untuk mencakup area yang lebih luas dengan lebih efisien.

Wilayah pertambangan yang menjadi fokus pengecekan adalah bekas Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT. Kembar Mas di Desa Waturapa, Kecamatan Palangga Selatan, serta bekas IUP PT. Sambas, juga di Desa Waturapa, Kecamatan Palangga Selatan.

Namun, dari hasil sidak, tidak ditemukan tanda-tanda adanya aktivitas penambangan ilegal pada lokasi-lokasi tersebut. Penyelidikan juga dilakukan pada lahan koridor yang menjadi celah antara perusahaan-perusahaan tersebut, namun hasilnya pun nihil.

Selanjutnya, tim patroli melakukan pengecekan di sekitar Jety Triple Eight yang berada di Desa Koeono dan Desa Lalowua. Berdasarkan hasil patroli, tidak ditemukan adanya aktifitas penambangan ilegal di wilayah tersebut.

Kasat Reskrim Polres Konsel berharap bahwa hasil sidak dan patroli ini dapat membantu mengklarifikasi isu penambangan ilegal yang sedang mencuat dan memberikan pemahaman lebih jelas kepada publik tentang situasi sebenarnya.

Polres Konsel juga menegaskan komitmen mereka dalam menangani isu-isu lingkungan yang serius, termasuk penambangan ilegal yang dapat berdampak negatif pada ekosistem dan masyarakat setempat.

Langkah-langkah pencegahan dan penindakan lebih lanjut akan diambil jika ditemukan bukti konkret terkait praktik ilegal ini. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *