Silaturahmi Kamtibmas Menyatukan Warga Kelurahan Takimpo dan Kelurahan Kombeli Pasca Konflik Sosial

Pemerintah Kabupaten Buton Gelar Silaturahmi Kamtibmas untuk Persatukan Warga Pasca Konflik Sosia
Pemerintah Kabupaten Buton Gelar Silaturahmi Kamtibmas untuk Persatukan Warga Pasca Konflik Sosia

BUTON, –┬áKompol ajo, Kapten Arm La Bondo, serta tokoh agama, pemuda, dan masyarakat dari kedua kelurahan yang terlibat konflik.

Dengan tema “Partisipasi Aktif Masyarakat Dalam Pemulihan Konflik dan Penguatan Interaksi Antar Kelompok yang berkonflik,” kegiatan ini berhasil mengundang perhatian khusus dari warga kedua kelurahan yang terlibat. Dalam sambutannya, Pj. Bupati Buton, Drs. Basiran, menggarisbawahi pentingnya mendidik anak-anak dengan pola pikir yang baik mulai dari tingkat Paud hingga SMA. Ia juga menekankan bahwa orang tua memiliki peran besar dalam mengawasi dan memberikan edukasi agar kebaikan tertanam dalam kepribadian anak-anak.

Bacaan Lainnya

Pihak TNI POLRI dan pemerintah daerah berjanji untuk membantu memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai bidang hukum dan kehidupan bersosial melalui sosialisasi di sekolah-sekolah. Selain itu, Danramil Pasarwajo, Kapten Arm La Bondo, menyatakan bahwa konflik yang terjadi adalah perkelahian antar-remaja yang berhubungan dengan masalah minuman keras (miras). Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama tanggap dalam menyelesaikan permasalahan ini dengan melaksanakan Deklarasi Damai.

Wakapolres Buton, Kompol Tiswan, menegaskan bahwa pihak TNI POLRI masih terus melakukan pengamanan di kedua kelurahan, yaitu Takimpo dan Kombeli, guna menjaga keamanan dan ketertiban. Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak ikut campur dalam masalah dan berharap semua pihak turut berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pidum Budi Hermansyah menyampaikan bahwa konflik yang terjadi berasal dari masalah miras dan perlu ditangani dengan cepat untuk mencegah dampak yang lebih buruk. Pihak Polres terus melakukan operasi miras sebagai upaya penanganan, namun partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan dalam menanggulangi masalah ini.

Kegiatan silaturahmi kamtibmas ini memberikan harapan bagi kedua kelurahan untuk menyatukan diri dalam mencari solusi atas konflik yang terjadi. Restorative Justice juga menjadi salah satu solusi yang dihadirkan, dengan syarat-syarat tertentu agar proses penyelesaian konflik berjalan secara kekeluargaan tanpa melalui jalur hukum.

Dalam penutup, Kabag Ops, AKP Ilham, menambahkan bahwa pihak TNI POLRI tetap berjaga-jaga sejak lebaran Idul Adha dan siap menghadirkan lebih banyak anggota jika diperlukan. Ia menegaskan bahwa TNI POLRI akan terus melaksanakanKOMBES razia miras guna menciptakan situasi kondusif di wilayah Kabupaten Buton.

Kegiatan silaturahmi kamtibmas ini diharapkan dapat menjadi tonggak perdamaian dan kesejahteraan bersama bagi warga Kelurahan Takimpo dan Kelurahan Kombeli. Partisipasi aktif semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, TNI POLRI, tokoh masyarakat, hingga masyarakat setempat, diharapkan dapat memperkuat interaksi antar kelompok yang berkonflik dan mewujudkan kedamaian yang langgeng di Kabupaten Buton. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *