Pj Wali Kota Kendari dan Forkopimda Gelar Sosialisasi Pelanggaran Tata Ruang

(Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, AP., M.Si.,
(Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, AP., M.Si.,

KENDARI, – Tim Terpadu yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, AP., M.Si., bersama sejumlah anggota Forkopimda dan OPD terkait telah melakukan kunjungan langsung ke 39 kios pedagang yang berada di sepanjang jalan ZA Sugianto, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari pada Jumat (4/7).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi sekaligus sosialisasi terkait pelanggaran tata ruang di Jalan ZA Sugianto di sisi pantai Teluk Kendari. Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, mengungkapkan bahwa sebelumnya 39 pemilik usaha tersebut sudah diberikan peringatan berulang kali, baik secara lisan maupun tertulis terkait pelanggaran tata ruang yang dilakukan.

Dalam sosialisasi tersebut, Pj Wali Kota Kendari menyampaikan bahwa pelanggaran tata ruang di kawasan tersebut telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) No. 1 tahun 2012 RT RW Kota Kendari. Kawasan yang seharusnya merupakan ruang terbuka hijau dengan fungsi sebagai taman kota, rimba kota, atau hutan kota, telah digunakan oleh 39 unit usaha tanpa memiliki izin yang sah.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah Kota Kendari telah mengingatkan lebih lanjut kepada para pemilik usaha untuk melakukan pembongkaran secara mandiri. Namun, hari ini kami melakukan sosialisasi kembali sebagai bentuk tegas bahwa pelanggaran tata ruang ini tidak dapat dibiarkan,” tegas Pj Wali Kota Kendari.

Dalam upaya menegakkan aturan tata ruang dan menghindari potensi konflik lebih lanjut, Pemerintah Kota Kendari telah berusaha memberikan peringatan persuasif agar para pemilik usaha bertanggung jawab melakukan pembongkaran sendiri. Jika dalam jangka tujuh hari tidak ada tindakan pembongkaran yang dilakukan, maka pemerintah akan mengambil tindakan lebih lanjut, termasuk penyegelan terhadap kios-kios tersebut.

Kepala OPD terkait, yang turut hadir dalam kunjungan tersebut, menyatakan dukungan penuh dalam penegakan aturan tata ruang. “Kami berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Kota Kendari dalam menegakkan peraturan daerah terkait tata ruang demi pembangunan yang teratur dan berkelanjutan di kota ini,” ujar salah satu pejabat OPD.

Kunjungan tim terpadu ini menegaskan bahwa Pemerintah Kota Kendari serius dalam menegakkan aturan tata ruang demi mengoptimalkan fungsi kawasan dan mendukung perkembangan wilayah yang sesuai dengan rencana pembangunan kota. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *