Proses Penetapan Pj Gubernur, Komjen Pol Andap Budhi Revianto Potensial Gantikan Gubernur Ali Mazi

Komjen. Pol. Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H.
Komjen. Pol. Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H.

SULTRA PERDETIK, – Pada tanggal 5 September 2023, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dijadwalkan akan melantik 10 Penjabat (Pj) Gubernur baru di berbagai provinsi di Indonesia.

Salah satu nama yang mencuat dan akan dilantik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah Komjen Pol Andap Budhi Revianto, yang akan menggantikan Gubernur Ali Mazi.

Kabar ini disampaikan oleh salah satu sumber di Istana Kepresidenan yang dikutip dari Koran Kompas Jakarta pada Kamis, 31 Agustus 2023, malam. Penetapan 10 nama Pj Gubernur ini didasarkan pada hasil rapat Tim Penilaian Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Bacaan Lainnya

Rapat TPA Pj Gubernur tersebut digelar di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 31 Agustus 2023. Presiden Jokowi memimpin rapat tersebut dengan didampingi oleh Wakil Presiden, Ma’aruf Amin.

Dalam rapat ini, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, juga hadir untuk memastikan kelancaran proses pengangkatan Pj Gubernur. Selain itu, beberapa perwakilan lembaga penting seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, dan Kepolisian RI turut hadir.

Namun, terkait waktu dan jadwal pelantikan Pj Gubernur, masih terdapat ketidakpastian. Mendagri Tito Karnavian menyatakan bahwa saat ini masih menunggu arahan lebih lanjut dari Presiden Jokowi. Pelantikan dapat dilakukan langsung oleh Presiden atau oleh Mendagri sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Informasi ini menjadi penting karena masa jabatan Gubernur Sultra Ali Mazi akan berakhir pada bulan September 2023.

Presiden Jokowi telah memutuskan 10 nama Pj Gubernur berdasarkan hasil TPA untuk mengisi kekosongan kepala daerah. Salah satu tokoh yang mencuat adalah Komjen Pol Andap Budhi Revianto yang dipilih untuk menggantikan posisi Gubernur Ali Mazi.

Pengangkatan Pj Gubernur ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pemerintahan daerah dan dinanti oleh masyarakat setempat. Pilihan tokoh yang tepat sebagai pengganti Gubernur Ali Mazi akan berpengaruh terhadap arah pembangunan dan kebijakan di Sulawesi Tenggara dalam periode berikutnya.

Selain itu, pelantikan Pj Gubernur juga menyoroti pentingnya peran Pemerintah Pusat dalam menjaga stabilitas dan kelancaran pemerintahan di seluruh wilayah Indonesia. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *