Program CSR Terbaik Pertamina Patra Niaga di Sulawesi

SULTRA PERDETIK, –¬†Dewan Komisaris dan Direksi PT Pertamina Patra Niaga mengunjungi berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) atau yang kini dikenal sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di wilayah PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, khususnya di Kota Makassar.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak positif yang telah dihasilkan oleh berbagai program ini, serta memahami kontribusi perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Dalam kunjungan ini, mereka juga didampingi oleh Executive General Manager Pertamina Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, serta tim manajemen.

Ada tiga program utama yang menjadi fokus kunjungan ini, yaitu Program Sekolah Anak Percaya Diri (SAPD), Program Agro Tagitoga, dan Dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang tenun. Program SAPD menjadi program unggulan yang berlokasi di Integrated Terminal (IT) Makassar.

Bacaan Lainnya

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada anak-anak yang terdampak oleh kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan eksploitasi.

Area Manager Communication, Relation, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menjelaskan bahwa SAPD telah berjalan sejak tahun 2018. Program ini bertujuan untuk memberikan anak-anak tempat untuk pulih dari trauma dan tekanan serta untuk mengembangkan diri mereka.

Selama bertahun-tahun, Pertamina telah secara berkesinambungan mendukung program ini, tidak hanya dalam hal infrastruktur seperti sanggar belajar dan ruang tari, tetapi juga dalam membantu pemasaran hasil karya anak-anak SAPD. Mereka kini dapat menghasilkan uang dari kemampuan menari mereka.

Local Hero dari Program SAPD, Ibu Nuraeni, merasa sangat bersyukur atas peran Pertamina dalam membantu anak-anak korban kekerasan. Ia mengungkapkan bahwa tempat ini telah menjadi wadah bagi anak-anak untuk pulih dari trauma dan mengembangkan minat serta bakat mereka.

Program ini juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 4, yaitu Pendidikan Berkualitas.

Selain Program SAPD, Pertamina juga mengunjungi Program Agro Tagitoga. Program ini dikembangkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Bahari Sigalu yang bekerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Makassar. Agro Tagitoga mengelola lahan kosong di sekitar pemukiman penduduk untuk budidaya tanaman hidroponik dan ikan lele.

Hasil dari budidaya ini digunakan untuk memproduksi makanan seperti tomat, pisang, dan ubi yang dapat dijual atau digunakan sebagai Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu. Program ini memberikan peluang baru bagi masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penghasilan mereka, yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs Nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Kunjungan terakhir adalah ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang tenun yang diberi nama Fenisa. Usaha ini didirikan oleh Lindayati sejak tahun 2007 dan mulai dibina oleh Pertamina sejak tahun 2020. Fenisa masih mempertahankan teknik pembuatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Selama menjadi mitra binaan, Pertamina tidak hanya membantu dalam pemasaran produk, tetapi juga memberikan pelatihan manajemen keuangan dan fotografi produk. Program ini telah membantu pemilik Fenisa, Linda, untuk meningkatkan omzet dan memperluas jaringan pemasaran.

Kunjungan ini menunjukkan komitmen Pertamina Patra Niaga dalam mendukung program CSR yang berarti dan berkelanjutan. Dengan melibatkan masyarakat lokal dan memberikan mereka peluang untuk tumbuh dan berkembang, Pertamina berkontribusi positif terhadap kehidupan mereka serta mencapai tujuan berkelanjutan yang lebih besar.

Dalam upaya ini, Pertamina telah meraih berbagai penghargaan dan pengakuan, seperti Proper Hijau di tahun 2022, Padmamitra Award 2020, Nusantara CSR Award 2021, ENSIA Award 2022, dan ISRA 2023, yang merupakan bukti nyata dari keberhasilan program-program CSR mereka. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *