Konflik Penambangan Nikel di Desa Torobulu, Sulawesi Tenggara: Kepolisian Ambil Langkah Proaktif

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe Selatan, AKBP Wisnu Wibowo, SH, SIK, M.Si,
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe Selatan, AKBP Wisnu Wibowo, SH, SIK, M.Si,

SULTRA PERDETIK, – Konflik yang tengah mencuat terkait penambangan nikel di Desa Torobulu, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, telah memicu perhatian publik dan penyebaran informasi di media sosial, khususnya TikTok. Dalam menghadapi situasi yang semakin tegang ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe Selatan, AKBP Wisnu Wibowo, SH, SIK, M.Si, telah mengambil sejumlah langkah proaktif untuk menjaga stabilitas dan ketertiban di daerah tersebut.

Langkah-langkah konkret yang telah diumumkan Kapolres Wisnu Wibowo adalah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

1. Penghentian Sementara Penambangan

Langkah pertama yang diambil adalah penghentian sementara kegiatan penambangan nikel oleh PT. Wijaya Inti Nusantara (WIN), yang berlokasi dekat dengan pemukiman warga. Keputusan ini diambil untuk mencegah eskalasi konflik lebih lanjut dan memberikan waktu bagi semua pihak yang terlibat untuk mencari solusi yang adil dan dapat diterima.

2. Patroli Rutin dan Himbauan kepada Masyarakat dan Perusahaan

Kepolisian Konawe Selatan telah menjalankan patroli rutin di lokasi konflik guna memastikan keamanan dan ketertiban. Selama patroli, pihak kepolisian memberikan himbauan kepada masyarakat dan perusahaan agar tetap tenang, tidak melakukan tindakan yang dapat memprovokasi situasi, serta menjaga ketertiban.

3. Pertemuan Mediasi

Kapolres Wisnu Wibowo juga mengumumkan rencana untuk segera melaksanakan pertemuan mediasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam konflik ini. Pertemuan mediasi ini diharapkan dapat menciptakan forum dialog yang konstruktif dan memfasilitasi pembicaraan antara masyarakat setempat, perusahaan PT. WIN, serta pihak-pihak terkait seperti Kepala Desa Torobulu, Inspektur Tambang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Selatan.

Langkah-langkah yang diambil ini bertujuan untuk mencapai penyelesaian yang adil dan berkelanjutan terkait dengan konflik penambangan nikel di Desa Torobulu.

Kapolres Wisnu Wibowo juga mengimbau semua pihak untuk menjaga ketertiban dan menghindari tindakan yang dapat memperkeruh situasi. Publik dan pihak terkait diharapkan dapat bekerja sama dalam mencari solusi yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam konflik ini.  (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *