Puluhan UKM & 14 ribu pengunjung ramaikan tiga kota Festival Bogasari

Puluhan UKM & 14 ribu pengunjung ramaikan tiga kota Festival Bogasari

Jakarta – Sebanyak 90 UKM (usaha kecil menengah) lalu 14 ribu pengunjung meramaikan Festival Bogasari yang tersebut digunakan diselenggarakan dalam dalam tiga kota yakni Kuningan, Yogyakarta lalu juga Semarang pada bulan September 2023.

"Dari keseluruhan jumlah keseluruhan total pengunjung di tempat tempat ketiga kota, Kuningan, Yogyakarta juga Semarang. Tercatat Yogyakarta menjadi kota terbanyak pengunjungnya dengan 6.221 pengunjung, disusul Semarang 4.360 pengunjung, kemudian juga Kuningan 3.313 pengunjung," ujar Product Group Development Manager Bogasari, Andriana dalam siaran resmi pada Sabtu.

"Tentunya total keseluruhan pengunjung yang mana yang hadir ini melebihi dari apa yang digunakan mana kami targetkan pada awal, yaitu sebanyak 10.000 pengunjung,” tambah Andriana.

Andriana yang dimaksud terjun langsung ke tiga kota itu menjelaskan bahwa Festival Bogasari 2023 mendapatkan total transaksi Rp193 jt dengan pelanggan tertinggi datang dari Yogyakarta Rp73 juta, Semarang Rp71 jt serta Kuningan Rp49 juta. Penjualan item di area dalam tiap kota ini dibagi menjadi dua kelompok besar yakni komoditas grup Indofood lalu UKM.

Adapun 90 UKM yang digunakan meramaikan Festival Bogasari 2023 juga membawa ciri khas masing-masing dari olahan yang digunakan mana mereka produksi, antara lain Nederland Bakery Cirebon, Citra Rasa Kue Majalengka, Hisana Fried Chicken, Twin Bakery & Cake, Dapur Ceu Edoh (Jajanan Pasar), Pangsit Cinuy, Pandawa Kulit Lumpia, Martabak IKTS Semarang, Martabak Pelangi Semarang, Papa Cookies Bantul, Dewi Cakra Zuppa Soup Bantul, Mie Ayam Hijau Spirulina Yogyakarta, Malika Kebab, lalu lain-lain.

"Acara Festival Bogasari ini bagi kami pelaku UKM sangat berkesan sekali, akibat selain membantu mengenalkan item yang tersebut dimaksud kami jual, juga memberikan inspirasi untuk terus berinovasi melalui produk-produk unggulan dari Bogasari,” kata Pemilik Papa Cookies Bantul, Eriyanto Eko Saputro, sebagai pelaku UKM dari Yogyakarta.

Antusiasme Pengunjung dalam Festival Bogasari 2023 (ANTARA/HO-Festival Bogasari)

Festival Bogasari yang dimaksud hal tersebut didukung grup Indofood turut menghadirkan gerai pelanggan Bumbu Racik Indofood, Club, La Fonte, Mie Telur Cap 3 Ayam, kemudian Sarimi. Festival itu juga menghadirkan kegiatan olahraga lalu hiburan musik.

Bagian menarik dari festival adalah hadirnya pembuatan barang kolaborasi tepung terigu dengan hasil pertanian lokal. Misalnya, wilayah Kuningan menyajikan Lukumades Ubi Ungu serta Cupcake Tape Ketan Hijau, Yogyakarta menyuguhkan Pangsit Salak lalu Semarang dengan Kentang Kribo juga juga Banana Cupcake. Chef Nicky Tirta juga hadir untuk mendemokan resep kolaborasi tepung terigu dengan hasil pertanian lokal.

Festival itu juga dimaksimalkan dengan perkenalan terigu Cakra Kembar khusus Roti juga Cakra Kembar khusus mie yang dimaksud mana dibuat khusus untuk UKM. Cakra Kembar khusus roti akan memproduksi roti mengembang lebih banyak lanjut cepat, volume pengembangan lebih banyak tinggi besar, warna crumb lebih cerah alami, serta pori-pori crumb menjadi seragam. Sedangkan, barang Cakra Kembar khusus mie akan menghasilkan mi dengan tekstur tambahan lanjut kenyal kemudian tidaklah mudah putus, serta warna cerah alami.

"Kami menyadari bahwa pola konsumsi masyarakat berubah seiring kembali normalnya situasi serta berkembangnya teknologi. Sehingga kami juga harus mampu untuk beradaptasi kemudian mengikuti perkembangan, dengan menghadirkan terigu Cakra Kembar khusus Roti lalu Cakra Kembar khusus mie yang mana mana dibuat khusus untuk UKM," tutur Andriana.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *