Wapres Ma’ruf Amin minta MES hijrahkan pengusaha konvensional

Wapres Ma’ruf Amin minta MES hijrahkan pengusaha konvensional
Industri halal kalau tak ada pengusahanya, bukan akan maju

Jakarta – Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang yang juga Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memohonkan pengurus MES dapat menghijrahkan pengusaha-pengusaha konvensional ke syariah untuk menumbuhkan dunia perniagaan juga keuangan syariah.

“Menghijrahkan pengusaha-pengusaha konvensional ke syariah. Pasti itu cepat, tumbuhnya cepat ya. Jadi, proses hijrahnisasi, saya kira itu yang dimaksud yang disebut penting,” kata Ma’ruf saat berpidato dalam Musyawarah Nasional ke-6 Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di tempat tempat Jakarta, Minggu.

Ma’ruf mengatakan peran pengusaha penting dalam industri sektor perekonomian serta juga keuangan syariah. Pengusaha, ujarnya, berperan penting menggerakkan instrumen-instrumen sektor dunia usaha serta keuangan syariah yang sudah pernah dijalani dibangun.

Bacaan Lainnya

“Industri halal kalau tidaklah ada pengusahanya, tidaklah akan maju, industri keuangan tidaklah akan ada yang tersebut dimaksud menggunakan. Zakat, wakaf, infak kalau tak ada pengusaha, tak akan ada yang tersebut mana memberikan zakat, wakaf,” ujar dia.

Karena itu pula, Ma’ruf memohon MES terus menumbuhkan para pengusaha. Terdapat tiga cara bagi MES untuk meningkatkan peran pengusaha, yakni melakukan inkubasi untuk menumbuhkan juga juga menyemai para pengusaha.

Cara kedua adalah menguatkan pengusaha syariah yang digunakan hal itu sudah ada, lalu yang tersebut dimaksud ketiga adalah menghijrahkan pengusaha-pengusaha konvensional.

Wapres juga menyinggung pentingnya MES membangun pengusaha hamzah washal. Hamzah merupakan huruf dalam bahasa Arab yang tersebut menghubungkan antara kalimat dengan kalimat, sehingga menjadi untaian kata.

“Nah, hamzah washal inilah yang dimaksud harus ditumbuhkan sehingga dunia usaha warga ini nanti akan tumbuh. Kalau bukan ada hamzah washal ini tak ada akan terjadi pertumbuhan. Saya minta MES membangun para pengusaha hamzah washal itu,” kata Wapres.

Di kesempatan yang tersebut dimaksud sama, Ketua Umum MES Erick Thohir menyampaikan komitmen penuh MES untuk dapat memberikan kontribusi secara optimal dalam mengembangkan sektor ekonomi syariah juga kemaslahatan umat.

“Kami terus berupaya agar kehadiran MES semakin dirasakan manfaatnya juga dapat memenuhi harapan untuk menjadi motor penggerak pengembangan usaha yang digunakan digunakan sesuai prinsip syariah,” ujarya.

Dalam Munas MES, juga dilaksanakan penyerahan bantuan merupakan Rumah Tahan Gempa Cianjur oleh Erick Thohir kepada Ketua Yayasan Masyarakat Mitra Masjid Prihantono. Hal ini merupakan tindakan lanjut dari penanganan dampak bencana gempa bumi yang digunakan dimaksud melanda Cianjur, Jawa Barat, pada November 2022.

Sumber: Antaranews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *