Ada ‘Tangan’ Jokowi, Ternyata Ini Arti Kereta Cepat Whoosh

Ada ‘Tangan’ Jokowi, Ternyata Ini Arti Kereta Cepat Whoosh

Jakarta,CNBC Indonesia – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan ide nama kereta cepat WHOOSH (Waktu, Hemat, Operasi, Optimal, Sistem, Hebat) berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dimaksud kemudian dilombakan oleh pemerintah.

“Saya mau cerita proses kenapa namanya WHOOSH, ini berasal dari pak Presiden (Jokowi) lewat pak Pratik (Mensesneg) bilang ‘Mas itu kok gak ada nama, coba lombakan’,” kata Budi Karya pada Stasiun KCJB Halim, Senin (2/10/2023).

Bacaan Lainnya

Kemudian hal ini ditindaklanjuti oleh Kementerian Perhubungan pada tempat bawah Tim Panel Penilai Lomba Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia Triawan Munaf, beserta perwakilan dari Kementerian terkait.

“Kita nominasikan 10, dia itu punya kapasitas kita lepas untuk kriteria logo kereta cepat, waktunya singkat sekali gak sampai setengah bulan, keluarlah ide-ide,” katanya.

Namun Menhub bercerita ketika Presiden Joko Widodo menjajal Kereta Cepat Jakarta – Bandung ini terjadi dialog pada lapangan hingga mencetuskan nama WHOOSH.

“Tapi dialegtika pada lapangan terjadi, kan bapak presiden beberapa kali itu rakyat Wash-Whoosh, Wash – Whoosh, terus satu kali Presiden ada nggak bagus bagus itu Whoosh,” kata Mantan Dirut AP II ini.

“Maka tiga besar dari dia yang dimaksud dimaksud turut serta itu dipersilakan mengembangkan Whoosh, serta kosakatanya itu terakhir dengan kata W.H.O.O.S.H, tetapi membacanya itu Whoosh artinya kecepatan tinggi,” tambahnya.

Mendengar ide dari Presiden itu, Budi Karya menjelaskan beberapa peserta sayembara juga mendengar ide itu, kemudian mengambil keputusan mengembangkan nama WHOOSH.

“Tapi yang digunakan digunakan unik adalah dialektika di area tempat lapangan dengan presiden kok didengar WHOOSH bagus ya, kita juga denger dalam lapangan juga para desainer ini kreatif dan juga juga juga kooperatif. Mereka lakukan dengan waktu-waktu yang itu pendek akhirnya kita mampu taruh lah itu WHOOSH,” kata Budi Karya.


Sumber: CNBCIndonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *