Cikampek – Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, bersama Wakil Menteri BUMN Dony Oskaria, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, serta Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana memantau arus mudik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dari Command Center KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (27/12/2024).
Dalam kunjungan tersebut, rombongan tak hanya meninjau langsung situasi lalu lintas, tetapi juga mendengarkan paparan kesiapan pelayanan Nataru dari Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan berbagai pemangku kepentingan terkait.
Rivan menjelaskan bahwa Command Center KM 29 memiliki peran strategis dalam memantau dan mengamankan arus mudik. “Dari data yang diperoleh di lapangan, langkah-langkah konkret dapat segera diambil untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama periode Natal dan Tahun Baru,” ujar Rivan.
Ia menambahkan bahwa Jasa Raharja telah menyiapkan berbagai langkah strategis untuk mendukung Operasi Lilin 2024. Langkah tersebut mencakup pengerahan 2.000 personel di seluruh Indonesia, monitoring kecelakaan secara online, koordinasi melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas, hingga penyediaan layanan mobil keselamatan di 102 kantor cabang dan perwakilan. Selain itu, Jasa Raharja berpartisipasi dalam 20 pos pelayanan terpadu, memasang 1.612 papan imbauan keselamatan, dan mengoperasikan posko digital berbasis data kecelakaan melalui Integrated Road Safety Management System (IRSMS).
“Kami juga bekerja sama dengan Korlantas Polri dan 2.692 rumah sakit dengan layanan IGD di bawah naungan Kementerian Kesehatan untuk memastikan penanganan cepat bagi korban kecelakaan,” jelas Rivan.
Wakil Menteri BUMN, Dony Oskaria, mengapresiasi sinergi yang terjalin antara Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan berbagai pihak lainnya. “Sebagaimana arahan Presiden Prabowo Subianto, Kementerian BUMN berkomitmen memberikan pelayanan maksimal agar masyarakat dapat merayakan Nataru dengan aman dan nyaman,” kata Dony.
Ia juga menyoroti kesiapan BUMN dalam mendukung mobilitas masyarakat selama periode Nataru. “Kami memastikan koordinasi berjalan baik di darat, laut, dan udara, sehingga pelayanan optimal dapat diberikan kepada sekitar 110 juta masyarakat yang melakukan perjalanan,” imbuhnya.
Sinergi ini diharapkan mampu mengurangi potensi risiko kecelakaan dan memastikan keamanan serta kenyamanan bagi masyarakat selama merayakan Natal dan Tahun Baru. Rivan menegaskan bahwa Jasa Raharja terus berkomitmen mendukung kelancaran mobilitas masyarakat melalui layanan yang cepat, tanggap, dan berintegrasi. (red)