<
Ekobis

Strategi Jitu Pemasaran Ramadan 2025, Telkomsel Bagikan “Insight” Berbasis Data

137
×

Strategi Jitu Pemasaran Ramadan 2025, Telkomsel Bagikan “Insight” Berbasis Data

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, – Telkomsel melalui unit bisnisnya, DigiAds, meluncurkan “DigiAds Ramadan Insight 2025”, sebuah studi komprehensif yang memetakan perilaku konsumen selama bulan Ramadan. Studi ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pelaku bisnis untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan.

Berdasarkan data yang dihimpun, terjadi lonjakan aktivitas digital sebesar 78% saat sahur dan 4% setelah tarawih. Aplikasi keuangan digital, perbankan, dan layanan video streaming menjadi pilihan utama konsumen. Selain itu, pola belanja juga mengalami perubahan signifikan. Sebanyak 69% konsumen memilih berbelanja secara luring (offline), sementara belanja daring (online) mencapai puncaknya pada minggu terakhir Ramadan di kota-kota besar.

“DigiAds Ramadan Insight 2025 memberikan pemahaman mendalam tentang pola perilaku konsumen, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan pemasaran yang lebih cerdas dan efektif selama Ramadan,” ujar VP Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya.

Studi ini juga mengungkap bahwa metode pembayaran tunai (cash) masih mendominasi transaksi luring (50%), diikuti oleh QRIS (30%). Namun, dompet digital (e-wallet) dan transfer daring juga mulai menunjukkan peningkatan popularitas. Mobilitas masyarakat juga mengalami peningkatan, terutama ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara.

Untuk membantu bisnis merancang iklan digital Ramadan yang sukses, Telkomsel DigiAds merekomendasikan tiga pilar utama:

  • Audiens: Memahami kebutuhan dan preferensi audiens melalui data berbasis umpan balik.
  • Penempatan (Placement): Memaksimalkan jangkauan melalui inventori premium di platform digital.
  • Konten: Menghadirkan konten yang relevan, interaktif, dan dinamis.

Konsumsi media seperti televisi dan layanan video streaming juga meningkat tajam saat sahur dan menjelang berbuka, menciptakan peluang bagi bisnis untuk meningkatkan keterlibatan konsumen melalui konten kreatif yang otentik.

“Dengan analisis ini, kami berharap para pelaku usaha dapat merancang strategi pemasaran yang tepat sasaran, meningkatkan efektivitas iklan digital, dan membuka peluang baru yang signifikan di pasar selama periode Ramadan,” tambah Arief.

Whitepaper “DigiAds Ramadan Insight 2025” dapat diakses melalui tsel.id/RamadanInsight25.

DigiAds merupakan salah satu solusi unggulan dari Telkomsel Enterprise, yang berperan sebagai pusat produk dan teknologi Telkom Group. Telkomsel Enterprise telah bekerja sama dengan lebih dari 40 ribu pelanggan korporasi dalam berbagai layanan, termasuk konektivitas, IoT, komunikasi, aplikasi bisnis, dan wawasan pelanggan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *